Diskusikan tentang faktor-faktor apa saja yang perlu
dipertimbangkan dalam pengelolaan pemasaran produk atau jasa?
Secara garis besar pemasaran (marketing)
dapat dideginisikan sebagai kegiatan perusahaan dalam merancang suatu prosuk,
menetapkan harga atas produk tersebut, mendistribusikan dan mempromosikan
prosuk yang telah dihasilkan oleh perusahaan. Adapun factor-faktor yang perlu
dipertimbangkan dalam pengelolaan pemasaran biasa disingkat denga 4P, yaitu
produk (product), harga (pricing), distribusi (place), dan
promosi (promotion).
Dalam penerapan suatu strategi pemasaran,
perusahaan memulai dengan melakukan penelitian pemasaran (marketing research)
untuk mengetahui apa yang dibutuhkan dan diinginkan pelanggan. Setelah produk
selesai dibuat dan dikembangakan maka perusahaan perlu menetapkan harga atas
prosuk tersebut. Harga yang ditentukan akan sangaat menentukan tingkat
permintaan atas produk tersebut sehingga hal tersebut juga akan mempengaruhi
tingkat pendapatan yang akan diperoleh oleh perusahaan/bisnis. Selanjutnya,
perusahaan perlu menentukan saluran distribusi, Panjang pendeknya rantai
distribusi akan turut menetukan harga prosuk. Sedangkan kegiatan terakhir yang
dilakukan perusahaan dalam kaitannya dengan aktivitas pemasaran adalah masalah
promosi, bagaimana membuat pelanggan sadar akan keberadaan produk tersebut dan
bagaimana meyakinkan pelanggan bahwa produk yang dihasilkan memiliki keunggulan
dibandingkan produk pesaing.
Sumber referensi : BMP ADBI4130.MODUL 7/KB
1/Hal. 7.3
0 comments:
Posting Komentar