Minggu, 21 Mei 2023

DISKUSI 5 PERILAKU ORGANISASI (ADPU4431)

Posted By: Linda A Fauzi - Mei 21, 2023

Share

& Comment

 

Komunikasi dan Motivasi merupakan dua pilar utama hubungan manusiawi di dalam organisasi. Setujukah dengan pandangan tersebut ? Jelaskan pandangan Saudara dan bagaimana aplikasinya di tempat kerja/kampus Saudara. Cantumkan sumbernya.

Saya setuju dengan pandangan tersebut, seba konsep ini merupakan salah satu ciri komunikasi organisasi yang merupakan esensi suatu organisasi. Beberapa pakar menyebutkan bahwa sebenarnya organisasi, adalah tempat interaksi manusia. Goldhaber (1979: hal 14). Misalnya mengatakan bahwa “organisasi itu adalah suatu jaringan hubungan yang saling bergantung”. Pimpinan dan bawahan sebenanrnya memiliki saling ketergantungan. Masing-masing dapat saling mempengaruhi dan saling dipengaruji satu sama lain. Dalam pelaksanaan hubungan antarmanusiawi, pihak pimpinan mempraktikkan komunikasi dan motivasi kepada para bawahan sesuai karakteristik bawahannya.

Komunikasi dan motivasi merupakan dua konsep daling terkait. Komunikasi yang efektif dapat membantu meningkatkan motivasi karyawan dengan memberikan penghargaan dan umpan balik yang positif atas kinerja mereka, sementara motivasi yang tinggi dapat membantu meningkatkan kualitas komunikasi dengan mengurangi ketidakpastian dan meningkatkan partisipasi aktif karyawan dalam diskusi dan pertemuan di tempat kerja.

Pelaksanaan hubungan antarmanusiawi yang positif dapat mengurangi munculnya ketidakpuasan dan akan menimbulkan tumbuhnya semangat kerja serta akan menimbulkan kinerja yang efektif dan efisien.

Dalam tempat kerja saya, penerapan komunikasi dan motivasi dapat dilakukan dengan melaui berbagai cara, seperti :

1.      Sebelum memulai kerja antara atasan dan bawahan (operator dan spv) selalu diadakan briefing untuk membahas masalah atau memperbaharui informasi (seperti kendala yang terjadi hari sebelumnya dan masalah target)

2.      Membuat forum diskusi untuk membahas masalah atau tantangan yang dihadapi oleh karyawan

3.      Memberikan penghargaan atau reward atas kinerja yang baik untuk meningkatkan motivasi karyawan

4.      Memberikan umpan balik secara berkala terhadap kinerja karyawan untuk membantu mereka memperbaiki kualitas kerja.

Sumber referensi : BMP ADPU4431/MODUL 5/KB 1/Hal 5.5

Nuryanti, E. 2015. Penerapan Komunikasi Efektif dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan di Perusahaan Kecil dan Menengah (PKM) di Yogyakarta. Jurnal Komunikasi Organisasi, 6(2), 110-118.


//.

About Linda A Fauzi

Organic Theme. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 comments:

Posting Komentar

Copyright © Berbagi Ilmu

Designed by Templatezy