Komunikasi dan Motivasi merupakan dua pilar utama hubungan manusiawi di dalam organisasi. Setujukah dengan pandangan tersebut ? Jelaskan pandangan Saudara dan bagaimana aplikasinya di tempat kerja/kampus Saudara. Cantumkan sumbernya.
Saya setuju dengan pandangan tersebut, seba konsep ini
merupakan salah satu ciri komunikasi organisasi yang merupakan esensi suatu
organisasi. Beberapa pakar menyebutkan bahwa sebenarnya organisasi, adalah
tempat interaksi manusia. Goldhaber (1979: hal 14). Misalnya mengatakan bahwa
“organisasi itu adalah suatu jaringan hubungan yang saling bergantung”.
Pimpinan dan bawahan sebenanrnya memiliki saling ketergantungan. Masing-masing
dapat saling mempengaruhi dan saling dipengaruji satu sama lain. Dalam
pelaksanaan hubungan antarmanusiawi, pihak pimpinan mempraktikkan komunikasi
dan motivasi kepada para bawahan sesuai karakteristik bawahannya.
Komunikasi dan motivasi merupakan dua konsep daling terkait.
Komunikasi yang efektif dapat membantu meningkatkan motivasi karyawan dengan
memberikan penghargaan dan umpan balik yang positif atas kinerja mereka,
sementara motivasi yang tinggi dapat membantu meningkatkan kualitas komunikasi
dengan mengurangi ketidakpastian dan meningkatkan partisipasi aktif karyawan
dalam diskusi dan pertemuan di tempat kerja.
Pelaksanaan hubungan antarmanusiawi yang positif dapat
mengurangi munculnya ketidakpuasan dan akan menimbulkan tumbuhnya semangat
kerja serta akan menimbulkan kinerja yang efektif dan efisien.
Dalam tempat kerja saya, penerapan komunikasi dan motivasi
dapat dilakukan dengan melaui berbagai cara, seperti :
1. Sebelum
memulai kerja antara atasan dan bawahan (operator dan spv) selalu diadakan
briefing untuk membahas masalah atau memperbaharui informasi (seperti kendala
yang terjadi hari sebelumnya dan masalah target)
2. Membuat
forum diskusi untuk membahas masalah atau tantangan yang dihadapi oleh karyawan
3. Memberikan
penghargaan atau reward atas kinerja yang baik untuk meningkatkan motivasi
karyawan
4. Memberikan
umpan balik secara berkala terhadap kinerja karyawan untuk membantu mereka
memperbaiki kualitas kerja.
Sumber referensi : BMP
ADPU4431/MODUL 5/KB 1/Hal 5.5
Nuryanti, E. 2015. Penerapan
Komunikasi Efektif dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan di Perusahaan Kecil dan
Menengah (PKM) di Yogyakarta. Jurnal Komunikasi Organisasi, 6(2), 110-118.
0 comments:
Posting Komentar