Kamis, 25 Mei 2023

DISKUSI 4 PENGANTAR AKUNTANSI (EKMA 4115)

Posted By: Linda A Fauzi - Mei 25, 2023

Share

& Comment

 


  1. Bedakan di antara basis perbandingan berikut: (1) intracompany, (2) rata-rata industri, dan (3) intercompany.

1)      Intracompany basis

Membandingkan suatu unsur dalam laporan keuangan perusahaan dalam tahun yang sama atau hubungan diantara unsur laporan keuangan satu tahun atau lebih

2)      Rata-rata industri (Industry average)

Membandingkan suatu unsur dalam laporan keuangan dengan rata-rata industri yang telah dipublikasikan oleh penyusun peringkat (rating)

3)      Intercompany basis

Membandingkan sebuah unsur laporan keuangan dengan unsur lain dari satu atau lebih perusahaan

            Sumber referensi         :

            Wibowo dan Abubakar Arif. 2006. Pengantar Akuntansi II : Ikhtisar Teori dan Soal-soal). Jakarta : Penerbit PT Grasindo. Hal 159.

  1. Berikan nilai pokok menggunakan masing-masing dari tiga basis perbandingan.

Masing-masing dari tiga basis perbandingan (intracompany, rata-rata industri, dan intercompany) memberikan nilai pokok yang berbeda bagi sebuah perusahaan.

1.      Intracompany:

Basis perbandingan ini memberikan nilai pokok tentang seberapa baik kinerja perusahaan dari waktu ke waktu. Dengan membandingkan kinerja perusahaan pada periode waktu tertentu, perusahaan dapat mengevaluasi apakah mereka sedang mengalami pertumbuhan atau penurunan dalam kinerjanya. Basis perbandingan ini juga dapat membantu perusahaan untuk mengevaluasi apakah strategi yang mereka terapkan telah berhasil atau tidak.

 

3.      Rata-rata industri:

Basis perbandingan ini memberikan nilai pokok tentang sejauh mana perusahaan dalam industri tertentu mampu bersaing dengan pesaing-pesaingnya. Dengan membandingkan kinerja perusahaan dengan rata-rata industri, perusahaan dapat mengetahui apakah mereka berada di atas atau di bawah standar industri dalam hal kinerja. Basis perbandingan ini juga dapat membantu perusahaan untuk menemukan peluang untuk meningkatkan kinerjanya dalam industri yang kompetitif.

4.      Intercompany:

Basis perbandingan ini memberikan nilai pokok tentang sejauh mana perusahaan mampu bersaing dengan pesaing di pasar. Dengan membandingkan kinerja perusahaan dengan pesaing di pasar, perusahaan dapat mengetahui apakah mereka unggul atau kalah dalam hal kinerja. Basis perbandingan ini dapat membantu perusahaan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing mereka dan untuk mengembangkan strategi untuk meningkatkan kinerjanya dalam persaingan di pasar.

Sumber referensi         :

            Wibowo dan Abubakar Arif. 2006. Pengantar Akuntansi II : Ikhtisar Teori dan Soal-soal). Jakarta : Penerbit PT Grasindo. Hal 159.

 

//.

About Linda A Fauzi

Organic Theme. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 comments:

Posting Komentar

Copyright © Berbagi Ilmu

Designed by Templatezy