1. "Lembar kerja adalah catatan akuntansi
permanen dan penggunaannya diperlukan dalam siklus akuntansi." Apakah
Anda setuju? Juga, jelaskan tujuan lembar kerja.
Saya tidak setuju dengan pernyataan tersebut sebab
Neraca lajur/lembar kerja bukan merupakan bagian dari catatan akuntansi formal
dan bukan laporan keuangan. Neraca lajut tidak dapat menggantikan laporan
keuangan dan bukan pula merupakan bagian dari laporan keuangan, namun merupakan
alat informal untuk mengumpulkan dan menyortir informasi yang diperlukan dalam
penyusunan laporan keuangan. Penyesuaian dengan menggunakan neraca lajur dapat
memberikan kepastian yang cukup besar bahwa rincian yang berkaitan dengan
informasi akuntansi pada akhir periode dan penyusunan laporan keuangan telah
diperhitungkan secara tepat.
Tujuan
dan fungsi dari neraca lajur antara lain adalah sebagai berikut:
1.
Untuk memudahkan
penyusunan laporan keuangan.
2.
Untuk melihat perkiraan
dan ketepatan perhitungan dalam setiap
kegiatan perusahaan, sehingga pihak
manajemen dapat mengontrol setiap pengeluaran perusahaan.
3.
Untuk menggolongkan dan
meringkas informasi dari neraca saldo dan data penyesuaian, sebagai persiapan dalam
menyusun laporan keuangan yang formal.
4.
Untuk mempermudah
pencarian kesalahan yang mungkin dilakukan dalam membuat jurnal penyesuaian.
Sumber referensi : BMP EKMA4115/MODUL 3/KB 1/Hal
3.3
Meteri inisiasi 3 ADBI4332.24:
Materi Inisiasi 3 (ut.ac.id)
2. Jelaskan sifat akun Ringkasan Pendapatan dan
identifikasi jenis data ringkasan yang dapat diposting ke akun ini.
Akun ringkasan pendapatan
adalah salah satu jenis akun pendapatan yang digunakan untuk mencatat seluruh
penerimaan pendapatan dari kegiatan operasional suatu perusahaan selama periode
akuntansi tertentu. Sifat dari ringkasan pendapatan adalah sebagai berikut :
1. Akun sementara : akun Rinkasan Pendapatan adalah
akun sementara karena pendapatan hanya dicatat selama periode akuntansi
tertentu dan kemudian ditutup ke akun laba ditahan
2. Kredit :
Akun Ringkasan Pendapatan memiliki sifat kredit karena pendapatan dicatat
sebagai kredit dan menambah saldo akun
3. Terus menerus :
Akun Ringkasan Pendapatan selalu bertambah selama periode akuntansi karena
mencatat seluruh penerimaan pendapatan dari kegiatan operasional perusahaan.
Beberapa jenis data ringkasan yang dapat
diposting ke akun worksheet untuk akun Ringkasan Pendapatan adalah sebagai
berikut :
1. Penjualan :
pendapatan dari penjualan produk atau jasa yang disediakan perusahaan dapat
diposting ke akun Ringkasan Pendapatan
2. Retur penjualan :
jika perusahaan menerima retur dari produk yang telah dijual, maka jumlah retur
penjualan harus dikurangi dari jumlah penjualan sebelum diposting ke akun
Ringkasan Pendapatan
3. Potongan Penjualan : jika perusahaan memberikan potongan harga atau diskon untuk
produk atau jasa yang dijual, maka jumlah potongan penjualan harus dikurangi
dari jumlah penjualan sebelum diposting ke akun Ringkasan Pendapatan.
4. Penerimaan lain-lain : jumlah penerimaan pendapatan dari sumber lain seperti bunga,
royalty, dan pendapatan lainnya dapat diposting ke akun Ringkasan Pendapatan.
Dalam worksheet, semua data ringkasan inia kan
ditotal untuk mencatat total pendapatan perusahaan selama periode akuntansi
tertentu. Dengan memposting data ringkasan ini ke akun Ringkasan Pendapatan,
perusahaan dapat memantau kinerja keuangannya dan menentukan apakah mereka
mencapai atau melebihi target pendapatan mereka.
Sumber referensi :
Rieke Sri
R A K dan Arisman Muchtar. 2023. Buku Ajar Akuntansi. Kota Malang : CV
Literasi Nusantara Abadi.
0 comments:
Posting Komentar