Apa langkah-langkah yang harus dilakukan dalam penyusunan
Perencanaan stratejik (Renstra) yang baik.
Menurut (Tohar, 2000) bahwa Langkah-langkah penyusunan perencanaan
strategis meliputi :
1. Melakukan identifikasi
terhadap bentuk dan macam strategis serta kemampuan sumber daya yang dimiliki
2. Melakukan analisis untuk
mengumpulkan informasi yang mendukung dari lingkungan eksternal
3. Menetapkan ramalan
mengenai apa yang menguntungkan dari informasi yang diperoleh
4. Membuat dan Menyusun
pilihan strategis yang akan dilaksanakan
Menurut Sentot Imam Wahjoni, dkk dalam buku
Pengantar Manajemen rencana strategis terdiri dari enam tahap yang saling
berkaitan, yaitu :
1. Penentuan visi, misi dan
tujuan
Dalam tahapan ini, kemampuan top manajemen diuji
untuk bisa mengimplementasikan nilai serta norma menjadi visi, misi dan tujuan.
Tahapan ini dilakukan penentuan atas etika kerja,
macam produk jasa, cara pengoperasian usaha, dan skala usaha.
2. Evaluasi diri
Tahapan ini, menganalisis factor-faktor internal
perusahaan, hasil akhir tahap evaluasi diri adalah jawaban terkait kekuatan dan
kelemahan, atau bentuk analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, dan
threats)
3. Analisis lingkungan
eksternal
Analisis lingkungan eksternal juga perlu
diidentifikasi. Factor eksternal yang mempengaruhi rencana strategis bisa
berasal dari pihak luar serta kondisi di luar perusahaan.
Pihak eksternal dapat berupa pemasok. Pesaing,
pemerintah, pelanggan, serikat pekerja, dan media. Sedangkan kondisi eksternal
bisa berupa kondisi politik, ekonomi, social, dan perkembangan teknologi.
4. Pembuatan keputusan
strategis
Umumnya dalam rencana yang dibuat tidak hanya
satu, tetapi ada sejumlah alternatif pilihan.
Pilihan tersebut disajikan dalam tabel SWOT yang
menggambarkan kesempatan dan ancaman dari tiap pilihan, dalam satu halaman
analisis.
Rencana strategis yang dipilih adalah yang
memiliki manfaat paling besar dan ancaman paling kecil.
5. Implementasi strategi
Implementasi strategi melibatkan penugasan dan
pendelegasian wewenang ke tingkat manajemen bawah. Sebagai contoh, sebuah
perusahaan akan meluncurkan suatu produk. pimpinan perusahaan sudah menetukan
rancangan produk. Berikutnya, pimpinan akan membagi tugas ke bawahannya.
Pendelegasian ini biasanya akan turun hingga ke
tingkat paling bawah. Dari direktur ke manajer, kemudian manajer ke straf, dan
seterusnya hingga rencana strategis terlaksana.
6. Evaluasi
Evaluasi berfungsi untuk memastikan bahwa berbagai
tahapan sebelumnya telah dilaksanakan dengan baik. Selain itu, evaluasi juga
menjadi catatan bagi penyususan rencana strategis selanjutnya.
Sumber referensi :
Dr. Achmad Choerudin, dkk. 2022. Manajemen
Koperasi dan UMKM. Sumatra Barat : PT Global Eksekutif Teknologi.
6
Tahap Penyusunan Rencana Strategis Halaman all - Kompas.com
0 comments:
Posting Komentar