Rabu, 24 Mei 2023

DISKUSI 4 KEPEMIMPINAN (ADPU4334)

Posted By: Linda A Fauzi - Mei 24, 2023

Share

& Comment



1.      Visi merupakaan pernyataan wan to be organisasi ataau perusahaan, namun kadang visi tidak terlepas dari visi pemimpin yang menahkodai organisasi. Nah jika salah satu tv swasta memiliki visi satu untuk semua,  Kemukakan pandangan/argumentasi Anda, apakah terdapat visi pribadi pemilik tv didalam visi tersebut!

Visi adalah suatu statement yang berisikan arahan yang jelas tentang apa yang akan diperbuat oleh organisasi di masa yang akan datang. Secara sederhana Burt Nanus (1992) mengatakan : “a visison is a realistc, credible, attractive future for uour organization”. Wibisono (2006:43) mengatakan bahwa visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atu impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan.

Proses perumusan visi dama dengan isi visi. Semua anggota organisasi hendaknya terlibat dalam suatu dialog dan memberikan umpan balik tentang visi tersebut. Sedah menjadi tugas pemimpin untuk membantu merumuskan dan mendukung visi, tetapi tidak menjadikannua milik sendiri. Sejumlah pemimpin menciptakan visinya melalui penelitian sejarah perkembangan masyarakat dan berdialog dengan para pengikutnya. Visi merupakan gambaran prospektif perkembangan masyarakat masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang. Di samping itu, visi bukan untuk diri pemimpin sendiri, tetapi untuk anggota masyarakat lainnya, sebab mereka mengikutsertakan para pengikutnya dalam menciptakan visinya.

(Sejak tanggal 29 Januari 2005, SCTV mengubah logo dan slogannya menjadi "Satu Untuk Semua", sebagai harapan agar terus menjadi pilihan pemirsa dan berkarakter variatif-informatif). SCTV - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Visi "satu untuk semua" pada dasarnya mencerminkan suatu keinginan untuk memperjuangkan kesetaraan dan keadilan dalam masyarakat melalui media televisi. Namun, pada kenyataannya, visi ini mungkin saja memiliki keterkaitan dengan visi pribadi pemilik TV yang menahkodai organisasi.

Visi adalah pernyataan mengenai arah dan tujuan jangka panjang yang ingin dicapai oleh organisasi. Visi tersebut seharusnya didasarkan pada kebutuhan dan kepentingan organisasi secara keseluruhan, bukan hanya didasarkan pada kepentingan pribadi pemilik atau pemimpin organisasi. Namun, pada kenyataannya, visi seringkali dipengaruhi oleh pandangan dan nilai-nilai dari pemilik atau pemimpin organisasi.

Dalam hal ini, meskipun visi "satu untuk semua" terlihat sangat luas dan bersifat universal, tidak dapat dipungkiri bahwa visi tersebut juga dapat mencerminkan pandangan atau nilai-nilai pribadi dari pemilik atau pemimpin TV tersebut. Visi tersebut dapat menjadi cara untuk menunjukkan kepedulian sosial dan bertanggung jawab sebagai bagian dari citra perusahaan, tetapi juga dapat menjadi cara untuk mempromosikan brand image perusahaan atau citra pribadi dari pemilik/pemimpin organisasi.

Namun, sejauh pemilik atau pemimpin organisasi tidak mengabaikan kepentingan organisasi secara keseluruhan dan memastikan bahwa visi "satu untuk semua" didasarkan pada kebutuhan dan kepentingan yang sebenarnya dari organisasi dan masyarakat, maka tidak ada masalah dalam visi tersebut

Sumber referensi         : BMP ADPU4334/MODUL 4/KB 1/Hal 4.4-4.6

2.      Pernyataan visi harus memenuhi beberapa kriteria seperti singkat, jelas, dapat dicapai, dapat menggugah emosi dan terukur. nah jika anda ingin menjadi pemimpin suatu organisasi ataupun menjadi presiden di tahun 2024, sebutkan dan jelaskan visi anda, Mengapa demikian? Kemukakan pandangan/argumentasi Anda!

Visi say ajika saya menjadi pemimpin suatu organisasi atau menjadi presiden di tahun 2023 adalah "Mewujudkan masyarakat yang sejahtera melalui inovasi, kreativitas, dan keberlanjutan". Visi ini memenuhi beberapa kriteria seperti singkat, jelas, dan dapat dicapai.

 

·         Pertama-tama, visi ini singkat dan jelas sehingga mudah dipahami oleh seluruh pihak. Visi tersebut juga memiliki sifat yang dapat dicapai, karena inovasi, kreativitas, dan keberlanjutan merupakan aspek yang dapat diukur dan ditingkatkan secara bertahap.

·         Kedua, visi tersebut juga dapat menggugah emosi karena menawarkan pandangan ke depan yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat. Inovasi dan kreativitas dapat membuka peluang baru untuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat, sedangkan keberlanjutan dapat membantu menjaga keseimbangan lingkungan hidup.

·         Ketiga, visi tersebut dapat diukur melalui indikator seperti angka pengangguran, tingkat kemiskinan, ketersediaan sumber daya alam, dan sebagainya.

Namun, visi tersebut juga perlu didukung oleh strategi yang jelas dan terukur, serta pelaksanaan yang konsisten dan berkesinambungan. Visi yang baik saja tidak cukup, jika tidak diikuti dengan rencana dan tindakan konkret untuk mencapainya.

Referensi:

Robbins, S. P., Coulter, M., & DeCenzo, D. A. (2017). Fundamentals of management. Pearson.

//.

About Linda A Fauzi

Organic Theme. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 comments:

Posting Komentar

Copyright © Berbagi Ilmu

Designed by Templatezy